Anak-anak kini lebih melek teknologi. Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat oleh Joan Ganz Cooney Center dan Sesame Workshop menguak fakta ini. Dari data yang dikeluarkan oleh organisasi non-profit tersebut, diketahui bahwa sekitar 80% dari balita yang berusia antara 0-5 tahun (balita) menggunakan internet setidaknya sekali dalam seminggu.

Laporan itu sendiri dikumpulkan dari 7 penelitian terkait. Fakta lain yang patut disimak ialah bahwa anak-anak telah mahir melakukan multitasking dengan beberapa jenis media. Kembali ke internet, apa sih yang sebenarnya dilakukan anak-anak dalam aktivitas onlinenya tersebut?

Melihat video di situs Youtube adalah salah satunya. Dalam salah satu studi, diketahui bahwa lebih dari 60% anak-anak berusia 3 tahun ke bawah doyan nonton video di situs tersebut. Sedangkan 30 persen lainnya memanfaatkan fasilitas video chat seperti Skype untuk berhalo-halo ria dengan kakek nenek dan teman-teman mereka.

Di luar penggunaan internet, media televisi masih menjadi media favorit para balita. Biasanya mereka menghabiskan waktu untuk mengkonsumsinya selama 3 jam di hari-hari biasa dan 4 jam selama akhir pekan. Sejumlah penonton TV ini ternyata juga termasuk golongan multitasking.

Data dari Nielsen di tahun 2010 menyebutkan bahwa 36% dari anak-anak berusia 2 sampai 11 tahun terbiasa menonton TV dan berselancar di dunia maya secara bersamaan.

Namun ada kabar menyenangkan di tengah kegemaran mereka di depan layar. Meski penggunaan media digital tergolong disukai anak-anak, akan tetap waktu yang mereka habiskan untuk membaca buku masih tinggi. Disebutkan bahwa sekitar 90% dari mereka yang berumur 9 tahun telah menghabiskan waktu setidaknya satu jam dalam sehari untuk membaca buku.

Sumber: The Week